Jumat, 13 Juli 2012

Apakah Jaguar Hidup Di Mexico Tengah?

1 komentar


GeoWeek (Waspada, 28 Maret 2010)

Jaguar pernah berkelana dari Argentina ke utara sampai ke Arizona. Namun sejak awal 1900-an, perburuan, penyelundupan dan terpencar-pencarnya sama-sama berperan terhadap berkurangnya kehadiran kucing besar itu di wilayah utara-tengah Amerika Selatan.

Namun, pada 2009, peneliti-peneliti di negara bagian Arizona dan di Mexico mengukuhkan kehadiran jaguar di kedua lokasi berdasarkan foto-foto yang diambil kamera berpengendali jarak jauh dan dari tertangkapnya secara kebetulan hewan itu.

Kamera-kamera di Taman Suaka Alam Sierra Nanchitilia merekam jaguar bepergian di sepanjang lereng pegunungan berketinggian 1.845 meter di atas permukaan laut yang diperkirakan sebagai bagian dari koridor yang digunakan kucing besar itu menghindari aktivitas manusia. Penampakan itu merupakan yang pertama di daerah tengah Mexico dalam seabad. Peneliti-peneliti dari berbagai universitas di Mexico dan Spanyol juga mewawancarai penduduk lokal dan mengumpulkan data lokasi sebaran jaguar dalam upaya memantau pergerakan hewan itu.

Seekor jaguar jantan yang sehat tanpa sengaja tertangkap petugas-petugas perlindungan satwa Arizona yang sedang meneliti singa dan beruang gunung di dekat Tucson. Peristiwa itu memberi kesempatan petugas memasang sabuk pelacak posisi satelit sebelum melepaskannya kembali.

Urutan ketiga terbesar di antara kucing-kucing besar setelah singa dan harimau, jaguar memiliki hubungan dekat dengan macan tutul dan bisa hidup diberbagai tempat, mulai hutan sampai padang rumput. Jaguar memangsa mamalia kecil, juga burung, ikan dan reptil.

Diharapkan data dari dua peristiwa itu akan memberikan lebih banyak informasi berharga tentang kehadiran jaguar di wilayah tersebut dan membantu para peneliti mengambil langkah tepat untuk memastikan kelestarian jaguar.


Copyright © 2010 The New York Times Syndicate
 

One Response so far

  1. Unknown says:

    Mantap bang... Tapi koq berhenti di tahun 2012???

Leave a Reply