Senin, 09 Juli 2012

Di Mana Letak Pyrenees?

0 komentar


GeoWeek (Waspada, 17 Januari 2010)

Bagian paling barat benua Eropa, Semenanjung Iberia, dipisahkan dari Perancis oleh jejeran pegunungan bernama Pyrenees.

Menjadi semakin populer karena setiap tahun dipakai sebagai bagian dari rute balap sepeda paling bergengsi Tour de France, pegunungan ini terbentang dari Pantai Biscay kearah tenggara sejauh 425 kilometer ke Laut Tengah.

Bagian timur dan barat kawasan pegunungan ini juga merupakan perbatasan penting bagi politik dan budaya. Bagian barat Pyrenees meliputi wilayah Basque di timur laut Spanyol dan barat daya Perancis. Basque adalah kelompok etnis yang bermukim di wilayah itu sejak sebelum zaman Romawi. Kelompok yang ingin merdeka itu memiliki pemerintahan sendiri yang otonom berdasarkan Konstitusi Spanyol pada tahun 1978.

Di timur Pyrenees adalah bagian dari Catalonia, wilayah timur laut Spanyol yang bersejarah yang pernah dijajah orang-orang Yunani dan Kartago.

Terjepit di tengah Pyrenees di antara dua tetangga yang jauh lebih besar terdapat Andorra. Dengan luas hanya 460 kilometer persegi, Andorra adalah salah satu negara terkecil di dunia. Tenar sebagai tujuan wisata dan bebas pajak, juga punya hal lain yang dibanggakan penduduknya: harapan hidup orang Andorra tertinggi kedua di dunia, 82 tahun.


Copyright © 2009 The New York Times Syndicate
  

Leave a Reply