Senin, 09 Juli 2012

Apakah Rusa Bagal Dan Rusa Berekor Putih Bersaudara?

0 komentar


GeoWeek (Kompas, 17 Januari 2010)

Rusa Bagal dan rusa berekor putih, dari keluarga Cervidae, merupakan jenis yang dominan di Benua Amerika. Rusa berekor putih hidup di wilayah pedesaan ataupun perkotaan di hampir seluruh benua, sedangkan rusa bagal hanya terdapat di wilayah barat Amerika, khususnya di Pegunungan Rocky.

Tampilan kedua spesies ini sangat mirip satu sama lain, tetapi rusa bagal tubuhnya lebih besar dan telinganya lebih lebar. Keduanya pun memiliki ekor dengan warna putih di sisi dalamnya, tetapi milik rusa bagal ada sedikit polesan hitamnya.

Rusa adalah binatang pemamah biak. Jenis makanannya begitu bervariasi, termasuk polong-polongan, daun-daunan, rerumputan, buah-buahan, dan aneka jenis jamur. Mereka kerap memburu burung-burung kecil maupun hewan pengerat.

Karena pola makannya itulah, di wilayah timur Benua Amerika, rusa berekor putih sering dianggap sebagai hama alias binatang pengganggu.

Semakin terkikisnya predator alamiah di benua itu, menyebabkan populasi rusa meningkat pesat. Akibatnya, rusa sering jadi penyebab kecelakaan di jalan raya, khususnya di kala musim kawin. Setiap tahun tercatat lebih dari 1.000 tabrakan kendaraan bermotor dengan kerugian sekitar 1 miliar dollar AS.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Institute for Highway Safety, jumlah binatang yang mati akibat tabrakan sepanjang tahun 1983 sampai 2007 adalah 2.500 ekor, kebanyakan adalah rusa.

Berburu rusa merupakan salah satu cara yang dianggap efektif oleh para petugas setempat untuk mengontrol populasi binatang tersebut, baik dengan menggunakan panah maupun senapan berburu. Kegiatan ini juga dinilai mampu meningkatkan perekonomian daerah setempat.


Copyright © 2009 The New York Times Syndicate
 

Leave a Reply