Senin, 09 Juli 2012

Di Manakah Goa Terbesar di Dunia?

0 komentar


GeoWeek (Kompas, 24 Januari 2010)

Sekitar 20 tahun lalu, seorang petani mendengar suara mirip siulan yang keras dari arah hutan. Setelah ditelusuri, suara itu berasal dari sebuah celah kecil yang ternyata merupakan pintu masuk sebuah goa yang dialiri sungai di bawahnya. Goa yang kini dikenal dengan nama Hang Son Doong (Goa Sungai Gunung) itu tak terjamah sampai ketika sekelompok penjelajah Inggris yang didampingi peneliti dari Hanoi Science University memasukinya pada awal tahun 2009. Mereka menemukan “ruangan” (cave chamber) terbesar di dunia.

Jalur utama di “ruangan” itu tingginya 198 meter dengan lebar 152 meter dan panjang sekitar 4,5 kilometer. Banjir musiman yang datang setiap tahun menghentikan para petualang itu untuk menjelajah lebih jauh.

Selain banjir, tim tersebut juga harus berurusan dengan lipan berbisa yang jenisnya hanya ada di wilayah itu. Sebuah danau juga ditemukan di goa itu yang kedalamannya mencapai 61 meter – berdasarkan ukuran tali terpanjang yang dimiliki tim untuk menggali kedalaman air.

Hang Son Doong adalah satu di antara lusinan goa besar yang terdapat di Taman Nasional Phong Nha Ke Bang. Penemuan ini menggeser posisi “Goa Rusa” Malaysia – yang memiliki ukuran 91 meter x 91 meter – dari urutan teratas goa terbesar di dunia.

Namun, posisi Vietnam ini mungkin tak akan bertahan lama karena gambar satelit terbaru menunjukkan adanya sejumlah areal goa yang lebih luas lagi di sekitar Amazon.


Copyright © 2010 The New York Times Syndicate
 

Leave a Reply