Minggu, 08 Juli 2012

Di Mana Letak Pantai Amalfi?

0 komentar


GeoWeek (Waspada, 8 November 2009)

Salah satu bentangan pantai paling indah di dunia ditemukan di sepanjang pesisir Italia di Naples. Sejumlah kota dan desa indah berjejer di Pantai Amalfi. Pemukiman seperti Positano dipopulerkan oleh banyak pengarang dan di film seperti pada The Talented Mr. Ripley (1999).

Bagian dari Campania, Pantai Amalfi punya sejarah panjang. Amalfi didirikan pada abad keempat, dan yang pertama dari wilayah Italia yang tercacat sebagai republic kuno yang berjaya di laut. Namun, belakangan namanya tenggelam oleh Pisa, Venice dan Genoa yang lebih besar.

Pantai Amalfi disukai orang-orang Romawi, yang membangun sejumlah villa di wilayah itu, banyak di antaranya masih ada sampai kini. Perdagangan sutra lewat laut membawa banyak pengaruh Asia ke wilayah ini, khususnya arsitekturnya. Dikenal sebagai gaya Arab-Norman, arsitekturnya merupakan campuran dari pengaruh timur dan barat. Contohnya bisa disaksikan pada katedral di Amalfi dan Ravello dan Gereja San Salvatore de’ Birecto di Atrani, yang gayanya meliputi dekorasi pintu Norman, lengkungan dan atap berkaligrafi bergaya Arab, dengan kubah dan mosaik Byzantium.

Kota terbesar di Pantai Amalfi, Salerno, salah satu lokasi pendaratan invasi Sekutu ke Italia pada September 1943. Walau kebanyakan bangunannya rusak berat, Salerno menjadi ibukota sementara Kerajaan Italia dari Februari 1944 sampai Juli 1944.

Kekayaan warisan budaya dan sejarah wilayah ini, keindahan alamnya yang menawan dan bangunan buatan manusia yang mengagumkan membantu Pantai Amalfi ditetapkan sebagai salah satu situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1997.


Copyright © 2009 The New York Times Syndicate
  

Leave a Reply