Senin, 09 Juli 2012

Ada Apa Di Bawah Jalur Ski Olimpiade Musim Dingin?

0 komentar


GeoWeek (Waspada, 31 Januari 2010)

Ketika para Atlet ski dari seluruh dunia berkumpul di Kanada bulan depan untuk mengikuti Olimpiade musim dingin, mereka tidak sekadar meluncur menuruni tebing tertutup salju.

Pegunungan Whistler, sebelah utara Vancouver di Pegunungan Rocky, British Columbia, Akan menjadi arena lomba slalom dan menuruni gunung pada pesta olahraga musim dingin ke-21 itu. Tersembunyi jauh di bawah lereng yang dilalui atlet ski, di sarang, liang dan celah-celah yang ada, terdapat ratusan beruang yang sedang tidur panjang musim dingin (hibernasi).

Beruang-beruang hitam Whistler menghabiskan musim semi dan musim panas mencari makan di rerumputan dan belukar yang tumbuh sepanjang rute ski, ketika musim gugur mendekat, beruang makan lebih banyak untuk menggemukkan tubuh mereka sesuai keperluan pada tidur panjang pada musim dingin.

Beruang merupakan rajanya hewan tidur panjang. Bisa sampai 100 hari pada setiap musim dingin mereka tidur di sarang yang kecil dan sesak. Bulu yang tebal dan lapisan lemak menjaga tubuh mereka tetap hangat di cuaca yang membeku. Beruang yang tidur panjang tanpa makan dan minum, dan mampu menghentikan fungsi-fungsi tubuh lainnya dengan fisiologi yang hingga kini belum sepenuhnya dimengerti.

Segala keriuhan di jalur ski di atas lereng tak mampu menggangu para penidur berbulu tebal di bawahnya. Bila ada nomor Olimpiade musim dingin yang memperlombakan hibernasi, pastilah beruang Whistler selaku tuan rumah akan menjadi favorit peraih medali emasnya.


Copyright © 2010 The New York Times Syndicate
 

Leave a Reply