Rabu, 11 Juli 2012

Di Balik Jalur Ski Olimpiade Musim Dingin

0 komentar


GeoWeek (Kompas, 7 Pebruari 2010)

Para Atlet ski dari seluruh dunia berkumpul di Kanada bulan Februari ini untuk mengikuti Olimpiade Musim Dingin. Mereka akan meluncur melalui lereng-lereng yang tertutup salju.

Gunung Whistler, yang terletak di Pegunungan Rocky di British Columbia, sebelah utara Vancouver, akan menjadi tuan rumah pertandingan ski kategori slalom dan turun bukit. Asal tahu saja, di bawah lereng-lereng bersalju Gunung Whistler beruang-beruang hitam tidur sepanjang musim dingin di gua-gua ataupun liang gunung yang tersembunyi.

Sepanjang musim semi dan musim panas, binatang ini keluar dari persembunyiannya dan mencari makan berupa rumput, prambus, dan arbei yang tumbuh di jalur ski. Begitu musim gugur mendekat, mereka menggemukkan diri dengan makan sebanyak-banyaknya dan bersiap tidur panjang pada musim dingin.

Beruang merupakan binatang hibernasi, yang dapat melewatkan 100 hari pada musim dingin di dalam gua dan liang sempit. Bulu dan lemak tebal di tubuh membuat para beruang itu mampu bertahan di udara beku tanpa makanan dan air minum, serta mampu menghentikan untuk sementara fungsi-fungsi tubuhnya dengan cara yang sampai saat ini sulit dijelaskan.

Seluruh kebisingan yang terjadi di arena ski sepertinya tidak akan menggangu kenyenyakan tidur para beruang. Andai saja ada kompetisi di kategori hibernasi, beruang-beruang Whistler pasti merebut medali emas.


Copyright © 2010 The New York Times Syndicate
 

Leave a Reply