Rabu, 11 Juli 2012

Di Mana Ruangan Gua Terbesar Di Dunia?

0 komentar


GeoWeek (Waspada, 7 Pebruari 2010)

Kira-kira 20 tahun yang lalu suara seperti siulan yang terdengar di tengah pekatnya hutan di pedalaman Vietnam menarik perhatian seorang petani yang merasa terganggu. Dia mendapatkan suara itu ternyata berasal dari sebuah celah kecil mengarah ke gua yang memiliki sungai bawah tanah.

Gua itu, kini dikenal sebagai Hang Son Doong (Gua Sungai Gunung), tak pernah dijamah manusia sampai awal 2009, ketika sekelompok penjelajah Inggris, didampingi sejumlah peneliti dari Universitas Sains Hanoi, memasukinya. Di dalamnya mereka menemukan ruangan luas, yang ternyata merupakan ruangan gua terbesar di dunia.

Lorong utamanya selebar 152 meter dengan tinggi 98 meter dan panjangnya tak kurang dari 4,5 kilometer. Banjir musiman menghalangi rombongan itu menjelajah lebih jauh ke dalam gua.

Selain luapan air, rombongan juga harus membuang rasa takut terhadap lipan beracun yang merupakan penghuni asli wilayah itu. Sebuah danau ditemukan didalam gua yang dalamnya dipastikan lebih dari 61 meter, karena itulah ukuran tali terpanjang milik rombongan yang dipakai untuk mengukur kedalamannya.

Gua Sungai Gunung adalah salah satu dari puluhan gua yang ditemukan di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang. Gua ini menggeser Gua Rusa di Malaysia – dengan ruangan terbesarnya 91 x 91 meter – dari posisi teratas.

Namun, posisi Vietnam sebagai raja ruangan gua mungkin tak bertahan lama. Pencitraan satelit belum lama ini menunjukkan sejumlah gua di wilayah Amazon kemungkinan memiliki ruangan-ruangan yang lebih besar tersembunyi di bawahnya.


Copyright © 2010 The New York Times Syndicate
 

Leave a Reply