Rabu, 11 Juli 2012

T-rex Kecil Pernah Menguasai Bumi?

0 komentar


GeoWeek (Waspada, 14 Pebruari 2010)

Tyrannosaurus rex adalah raja di antara dinosaurus. Berpenampilan seram, dengan gigi-gigi mengancam, rahang kuat dan kaki berotot yang bisa menaklukkan semua mangsanya, karnivora raksasa itu menguasai bumi 85 juta tahun lalu. Namun, ternyata mereka bukanlah merupakan T-rex pertama di muka bumi ini.

Kerangka T-rex yang jauh lebih kecil dan lebih tua ditemukan di padang fosil Yixian di China utara. Kerangka tersebut merupakan replika yang nyaris mirip dengan T-rex yang lebih besar, kecuali ukurannya yang kecil, Cuma 1/100 ukuran saudaranya. Dinosaurus kecil itu juga punya rahang dan gigi besar, kaki belakang kuat dan kaki depan pendek.

Bentuk kaki-kaki T-rex raksasa disebut para peneliti sebagai jejak evolusi hewan buas itu. Rahangnya yang besar dan kaki-kakinya yang kuat menimbulkan anggapan dari para peneliti bahwa kaki depannya tidak dibutuhkan. Namun fosil yang baru ditemukan menunjukkan mini-rex, yang hidup kira-kira 45 juta tahun lebih dulu, sudah memiliki cirri fisik klasik dari T-rex, memunculkan keraguan pada teori evolusi yang sudah lama dianut.

Seperti keturunannya yang besar, mini-rex merupakan pemakan daging yang dominan pada zamannya. Diperkirakan mereka memangsa burung-burung dan kura-kura primitive, serta dinosaurus lebih kecil yang hidup di sekitar danau-danau purbakala. Ukuran tengkorak T-rex kecil menunjukkan mereka sepertinya sudah memiliki indra penciuman, salah satu kemampuan yang juga dimiliki T-rex raksasa.

Fosil T-rex kecil itu dipercaya menjadi komoditas perdagangan illegal. Fosil tersebut diduga diselundupkan ke luar China, kemudian dibeli seorang kolektor pada lelang di Amerika Serikat. Kolektor, yang menamai T-rex mini itu Raptorex Kriegsteini, untuk menghormati bapaknya yang selamat dari kamp tahanan Auschwitz, dilaporkan setuju mengembalikan fosil ke China.


Copyright © 2010 The New York Times Syndicate
   

Leave a Reply