Rabu, 11 Juli 2012

Benarkah T-rex “Mungil” Sempat Menjelajahi Bumi?

0 komentar


GeoWeek (Kompas, 21 Pebruari 2010)

“Tyrannosaurus rex” tak pelak lagi merupakan rajanya dinosaurus. Dengan tampilannya yang menakutkan, deretan taring yang mengerikan, rahang yang kokoh, dan kaki panjangnya yang dapat mengejar segala jenis musuh, binatang karnivora (pemakan daging) ini merajai Bumi 85 juta tahun lalu. Namun, binatang itu ternyata bukanlah generasi pertama T-rex.

Di Wilayah Yixian, China utara, ditemukan fosil T-rex yang bentuknya lebih kecil dan usianya jauh lebih tua. Bentuk fosil tersebut betul-betul merupakan duplikasi T-rex yang kita kenal selama ini, hanya saja ukurannya cuma seperseratusnya. T-rex “mungil” ini sama-sama memiliki sepasang tangan pendek, rahang yang kuat, dan kaki yang kokoh.

Para peneliti mengatakan, tangan pendek T-rex raksasa merupakan bukti proses evolusi binatang tersebut. Rahang dan kaki T-rex yang kuat membuat “tangan pendek” mereka sebetulnya tak banyak berfungsi. Ukuran tengkorak T-rex mini menunjukkan bahwa indera penciuman mereka telah berkembang, sama dengan yang dimiliki T-rex raksasa.

Fosil yang ditemukan di China memperlihatkan, T-rex mini yang hidup 45 juta tahun lebih dulu dari T-rex raksasa itu sudah memiliki bentuk fisik seperti T-rex raksasa.

Seperti juga keturunannya, T-rex mini merupakan karnivora yang dominan pada masanya. Mereka memangsa burung-burung purba, kura-kura, dan dinosaurus yang lebih kecil yang ada di danau-danau purba.

Fosil T-rex mungil diyakini diselundupkan ke luar China dan dijual kepada seorang kolektor di Amrerika Serikat. Kolektor bersangkutan yang menamai bitang itu “T-rex Raptorex kriegsteini” (sesuai dengan nama ayahnya yang berhasil selamat dari kamp konsentrasi di Auschwitz) bersedia mengembalikan fosil tersebut ke China.

Copyright © 2010 The New York Times Syndicate
   

Leave a Reply