Sabtu, 07 Juli 2012

Apakah Empat Unsur?

0 komentar


GeoWeek (Waspada, 6 September 2009)

Bumi adalah komplek dari banyak sistem dan proses yang saling berkaitan. Untuk membantu memahami sistem-sistem yang beragam tersebut, ilmuwan membaginya menjadi empat kelompok berbeda atau “unsur.”

Empat unsur itu – atmosfer, hidrosfer, lithosfer dan biosfer – adalah nama-nama dari bahasa Yunani untuk “udara”, “air”, “batu”, dan “kehidupan”. Digabungkan, unsur-unsur itu meliputi semua proses alamiah di planet ini.

Atmosfer bermula di permukaan dan menjangkau sampai angkasa luar. Sungai, danau, laut, gletser dan permukaan es kutub membentuk hidrosfer. Lithosfer meliputi kulit, kerak dan intip bumi. Semua makhluk hidup masuk unsur biosfer.

Empat unsur itu saling tergantung satu sama lain dan mengandung ratusan sistem dan proses yang lebih kecil. Sebagai contoh, hampir semua kehidupan di bumi ditemukan dalam bentangan ketinggian yang relatif sempit dan mengandung bagian dari setiap unsur. Bentangan itu dimulai sekitar 3 meter di bawah tanah sampai 30 meter di atas tanah, ditambah 200 meter teratas dari wilayah air.

Kita akan menyimak lebih dekat pada setiap unsur tersebut pada rubrik GeoWeek mendatang, mulai dangan lithosfer yang akan terbit dua minggu lagi.


Copyright © 2009 The New York Times Syndicate
 

Leave a Reply