Sabtu, 07 Juli 2012

Penangkapan Belangkas Membunuh Burung

0 komentar


GeoWeek (Waspada, 13 September 2009)

Burung-burung laut kedidi merah (red knots) dan wader (sandpiper) yang berkembang biak di Kanada dan menjalani musim dingin di Amerika Selatan, melakukan migrasi paling jauh di antara semua burung, dengan rute 16 ribu kilometer yang dalam perjalanannya singgah di Teluk Delaware.

Dalam istirahatnya di Teluk Delaware, burung-burung itu menikmati kelezatan menu lokal, telur belangkas. Kedidi merah tiba tiap tahun pada musim belangkas bertelur, dan mengkonsumsi telur belangkas sebelum melanjutkan penerbangan panjangnya. Telur belangkas menyediakan nutrisi penting yang membantu menjaga berat tubuh burung, faktor penting dalam menentukan kemampuan mencapai tujuan dalam penerbangan migrasi yang panjang.

Selain menjadi makanan kedidi merah, belangkas juga merupakan umpan yang populer untuk penangkapan berbagai jenis ikan. Pada tahun 1990-an, ketika jumlah belangkas yang ditangkap untuk umpan meroket dari 100 ribu ekor menjadi lebih dari 2 juta ekor setahun, populasi kedidi merah merosot tajam.

Pembatasan penangkapan belangkas diberlakukan pada tahun 1997, namun belakangan dicabut. Upaya-upaya dari badan perlindungan satwa di tingkat negara bagian dan pemerintah pusat untuk melindungi kedidi merah serta belangkas saat ini terus berjalan.

Hingga peraturan untuk melindungi daerahnya mencari makan di Teluk Delaware diberlakukan, keberadaan kedidi merah tetap dalam keadaan terancam.


Copyright © 2009 The New York Times Syndicate
 

Leave a Reply