Minggu, 08 Juli 2012

Di Mana Teleskop Terbesar Di dunia?

0 komentar


GeoWeek (Waspada, 13 Desember 2009)

Teleskop kembar di Observatorium Keck di puncak gunung berapi Mauna Kea di Hawaii memegang rekor sebagai teleskop optik terbesar di dunia selama hampir dua dekade. Keberadaannya di posisi di puncak tergeser beberapa bulan lalu, ketika Gran Telescopio Canarias (GTC) masuk dalam daftar.

Berada 2.400 meter di atas permukaan laut di sebuah puncak di Kepulauan Canary, GTC senilai AS$180 juta (Rp 1,7 triliun) itu dimiliki bersama oleh Spanyol, Mexico dan Universitas Florida Amerika Serikat. Lensa cerminnya yang selebar 10,4 meter, yang merupakan gabungan cermin-cermin lebih kecil, hanya sedikit lebih besar dibanding bukaan lensa selebar 10 meter yang dimiliki teleskop Keck.

Cermin GTC sebenarnya merupakan susunan 36 lensa-lensa berbentuk segi enam (heksagonal). Setiap cermin dikontrol secara terpisah dan bisa disesuaikan dengan tingkat presisi sangat tinggi untuk menjadikan susunan lensa-lensa itu bekerja bagaikan satu lensa utuh.

Sensor-sensor yang dikendalikan komputer dan aktuator pada setiap bagian cermin bisa distel ribuan kali dalam satu detik. Penyetelan itu memungkinkan ahli-ahli astronomi mengoreksi efek kabur atmosfir agar bisa mengamati dengan jelas objek-objek yang letaknya sangat jauh dari bumi, jaraknya bertahun-tahun cahaya.

Cermin segi enam GTC berat totalnya mencapai ratusan ton. Cermin tunggal dengan ukuran yang sama akan mudah rusak sehingga tidak bisa dipakai untuk melakukan observasi.


Copyright © 2009 The New York Times Syndicate
 

Leave a Reply